info terkini

loading...

RUMUS HPP TELUR 2018

PENGGANTI AGP UNTUK PRODUKSI TELUR YANG SEHAT

Masih ingat cerita saya tentang perincian perhitungan harga pokok produksi (HPP) telur?

Rumus HPP telur = Harga pakan rata-rata Rp/kg X FCR global 3,32.

Bila pada bulan Nopember 2018, rata-rata harga pakan komplit di tingkat peternak, terutama peternak skala kecil, populasi kurang dari 10.000 ekor, di Blitar dsk -/+ Rp 5.600,-/kg, maka HPP telur Rp 18.592,-/kg. Bila mau HPP telur turun, maka turunkan harga pakan, terutama harga jagung.

Bila sesuai peraturan, harga jagung mestinya di pasaran Rp 4.200,-/kg. Tapi harga jagung saat ini masih >Rp 5.000,-/kg. Maka harga pakan menjadi Rp 5.200,-/kg. HPP telur turun menjadi Rp 17.264,-/kg di tingkat peternak.

Masih ingat juga kan apa yang dilakukan oleh pihak regulator/pemerintah saat harga telur di Jakarta Rp 25.000,-/kg di pasar, yaitu dilakukan operasi pasar untuk menekan harga telur supaya jadi lebih murah. Supaya tidak menyodok inflasi.

Sekarang saat harga telur turun terus, menjadi di bawah HPP, alias peternak merugi, mestinya pihak regulator juga melakukan operasi pasar untuk meningkatkan harga telur supaya peternak tidak merugi.

Patokan harga telur di tingkat peternak mestinya batas bawah Rp 20.000,-/kg. Sedikit di atas HPP supaya peternak masih ada laba.

Tuh...lihat. Telur saja menangis kalau dijual murah (di bawah HPP).


0 komentar:

INFO

loading...