info terkini

loading...

JANGAN SEKALI-SEKALI MELAKUKAN KURET MANUAL PADA SAPI Karena.....!!!



1. Dinding uterus itu sangat lembut dan mudah rusak. Intervensi manual dalam bentuk apapun akan memberi resiko kerusakan. Pada dasarnya uterus itu steril, namun intervensi dari luar lah yang membuatnya tidak steril lagi.


2. Pelepasan karunkula-kotiledon secara manual akan menciptakan ribuan pendarahan mikro baru. Silahkan baca artikel saya tentang retensi plasenta sebelumnya.

3. Sapi akan sangat kesakitan dan semakin stress bahkan depresi. Coba perhatikan sapi yang baru dikuret. Rata-rata punggungnya melengkung dan tidak mau makan. Punggung melengkung adalah indikasi sapi yang sedang kesakitan luar biasa. Sapi itu hewan yang sangat kuat menahan sakit. Dia tidak menunjukkan tanda apapun kecuali sakitnya sudah keterlaluan. Kalau punggung sudah melengkung, itu artinya sakitnya sudah keterlaluan.

4. Infeksi pasti terjadi dan beresiko tertundanya kemampuan sapi untuk berahi lagi. Sebagian besar kita tidak pandai menjaga higienis ketika melakukan pertolongan sapi (benar apa betul???). Kalo Anda punya sapi betina, fokus Anda haruslah reproduksi dan kuret adalah tindakan paling beresiko pada kualitas reproduksi.




0 komentar:

INFO

loading...