info terkini

loading...

Rekomendasi Suplemen untuk Sapi habis Melahirkan


Fresh Drench
Suplemen untuk mencegah kasus ketosis, mencegah dehidrasi, menambah mikroba rumen, menjaga pH 
rumen


Bahan Utama : Calcium Propionat, Yeast, Fat bypass, Magnesium Oxide, Pottasium Chloride, Sodium 
bicarbonate


Kemasan : aluminium foil pack
Dosis : satu pack untuk sekali minum dicampur dengan 300 gram gula pasir, diberikan selama tiga hari berturut untuk SOP setelah melahirkan

7th... Fresh Cow Anomaly.
Sapi yang baru melahirkan (saya menyebutnya FRESH COW) mengalami 5 anomali fisiologis yang ternyata dimulai sekitar 2 minggu sebelum melahirkan saat sapi mempersiapkan kelahiran (saya menyebutnya TRANSISI). Anomali tersebut adalah :

1. ACIDOTIC STRESSED. Sapi mengalami acidosis dan stres, menahan rasa sakit dan banyak peradangan.
2. LOW ENERGY INTAKE karena nafsu makan menurun dan sapi menjadi selalu lapar (tapi tetap tidak nafsu makan). 
3. IMBALANCE BLOOD ELECTROLYTE. Sapi kehilangan cairan tubuh yang luar biasa saat melahirkan.
4. RUMEN MICROBE MORTALITY. Mikroba rumen banyak yang mati karena stress dan asidosis.
5. LOW BLOOD CALCIUM-MAGNESIUM LEVEL. Kadar kalsium tukang dan kalsium darah turun karena sapi harus melakukan refleks mobilisasi kalsium tulang setelah melahirka untuk menghasilkan susu.


Secara umum anomali ini menyebabkan daya tahan sapi menurun dan normalnya, sapi membutuhkan waktu 2 minggu untuk me recovery dirinya sendiri. Masalahnya, justru pada saat ini kebutuhan sapi meningkat terutama setelah melahirkan karena sapi mengalami perubahan pola kehidupan luar biasa. Dia harus menghasilkan susu, merawat pedet, menyiapkan kebuntingan berikutnya, merawat dirinya sendiri dll. Maka kita sering mengamati puncak produksi sapi mulai dicapai 2 minggu pasca melahirkan.

Kita bisa membantu sang induk untuk me recovery kondisi anomali ini. Caranya adalah memberikan SUPLEMENTASI pada 3 hari pertama berturut2 sejak melahirkan untuk sapi2 yang baru melahirkan sesuai dengan anomali tadi yaitu mengatasi asidosis dan stress, memberikan energi instan dan memastikan perut sapi penuh, menambah elektrolit oral, menambah kalsium-magnesium, menambah mikroba rumen (saya lebih suka YEAST) dan yang terpenting semua suplemen tadi harus dalam bentuk instan dan bisa diberikan cepat beberapa saat setelah sapi melahirkan. Di negara2 maju seperti New Zealand, Australia, USA, Kanada dan banyak negara Eropa, cara ini sudah lumrah dilakukan. Mereka menyebutnya FRESH DRENCH (bahasa kita di cekok'i). Efeknya -ketika anomali teratasi- performa puncak sapi bisa dicapai lebih awal. Waktu recovery yang tadinya butuh paling sedikit 2 minggu, sekarang hanya butuh 4-5 hari. Tentu saja sapi senang dan peternak juga senang. Saya sudah membuktikannya, sekarang giliran Anda...

Oh ya, banyak yang bertanya ke saya apakah ini juga berlaku untuk kambing perah???

Ya !!! ini berlaku untuk semua makhluk menyusui..


0 komentar:

INFO

loading...