info terkini

loading...

inilah penyebab terbesar kuku rusak sehingga ternak pincang...........


Sapi dengan model kuku seperti ini sudah pasti pincang. Kalo sudah pincang, akibatnya bisa fatal karena paling tidak sapi akan stress menahan kesakitan dan kalo kronis bisa ambruk.

Penyebab pincang terbesar adalah kuku yang rusak dan penyebab terbesar kuku rusak adalah asidosis. Asam lambung tidak mampu dinetralisir oleh air liur karena produksi air liur tidak cukup. Sapi memproduksi air liur ketika mengunyah. Jadi fokus Anda adalah bagaimana caranya supaya sapi banyak mengunyah...

Begini cara mencegah pincang...
1. Berikan cukup hijauan supaya sapi sering mengunyah. Jika hijauan di potong pake mesin Chopper, pastikan panjang potongannya antara 3-5 cm.

2. Berikan konsentrat dalam kondisi kering (tidak dicombor campur dengan air) supaya sapi mengunyah. Kalo konsentrat dicampur air, sapi akan nyruput, tidak mengunyah.

3. Minimalkan heat stress karena sapi yang kepanasan akan lebih suka minum daripada mengunyah

4. Berikan cukup mineral agar kuku semakin kuat. Gunakan mineral yang bener... jangan asal mineral

5. Berikan vitamin ADE (Kalo bisa reguler) karena metabolisme kalsium dipengaruhi vitamin A dan D

6. Berikan temu lawak dan temu-temu lainnya reguler (kecuali temu kangen) karena temu2an bisa membantu memperkuat organ hati dan organ hati berfungsi vital dalam metabolisme kalsium dan energi.

7. Lakukan pemotongan kuku rutin paling lambat setahun sekali supaya ketebalan kuku seimbang. Jika ketebalan kuku tidak seimbang, tumpuan hanya akan dibebankan di satu kuku dan menekan tulang.

Sesudah membaca artikel diatas diharapkan untuk mem follow blog ini  agar bisa mendapatkan informasi ter update, dan pastiakan  kamu adalah orang pertama  yang membaca artikel nya.

0 komentar:

INFO

loading...