info terkini

loading...

MEMULAI KEGIATAN PAGI




1. Jerami yang disajikan kemarin malam, habis;
2. Bersihkan palung pakan. Karena palung pakannya tidak bersekat, maka mudah, cepat dan benar-benar bersih sampai tidak ada bau sisa pakan kemarin. Palung sepanjang 70 m, untuk membersihkan cukup waktu 10 menit saja, 1 orang;
3. Berikan pakan komplit yang telah difermentasi 4 minggu sebanyak -/+ 40%, dengan catatan jumlah harus cukup sampai dengan pukul 14:00 waktu setempat (6-7 jam), habis.
Misal, untuk bobot badan sapi 400 - 500 kg, jatah pakan komplit 15 kg, maka makan pagi 6 kg, siang pukul 13:00 waktu setempat 9 kg dan malam makannjerami saja pukul 19:00 waktu setempat 2 - 3 kg;

4. Perhatikan dengan penuh perhatian posture dan gesture sapi apakah hidupnya sudah nyaman. Lama-lama nanti kita akan tahu bahwa sapi-sapi kita sudah nyaman atau masih lapar. Bila masih berdiri "clongak clongok" dan teriak-teriak (Jawa : bengah-bengah)masih lapar dan minta makan. Atau sudah kenyang, tidur "lèyèh-lèyèh" sambil "nggayemi", memamah biak. Sapi yang nggayemi, tandanya sehat.

CATATAN
1. Sudah tidak perlu lagi tambahan yang aneh-aneh supaya sapi "dhokoh" makannya. Karena di dalam pakan komplit, gizinya sudah komplit dan seimbang.

2. Pesan saya, teman-teman peternak terutama yang skala kecil, punya sapi 1 - 10 ekor, teliti sebelum beli. Jangan mau "diblithuk" oleh penjual obat/jamu.
3. Target ADG rata-rata 1,5 kg, tidak sesulit yang dibayangkan. Asal peliharanya dengan penuh kasih sayang, sapi akan tahu kalau disayangi.

KETERANGAN 
 1 : Jerami mentah yang diberikan kemarin malam, habis;

 2 : Sapi kalau sudah kenyang, akan tiduran (lèyèh-lèyèh) sambil memamah-biak;
3 : Kotoran sapi yang normal, berwarna kehijauan dan berbentuk seperti piring tengkurap. Nilai gizi pakannya cukup dan seimbang.
Pertanyaannya, makanannya berwarna kecoklatan, kok warna kotorannya kehijauan normalnya, dari mana itu?

4 dan 5 : Sarapan pakan komplit fermentasi tertutup 4 minggu;
 6 : Sapinya disayang. Aku juga minta disayang.

0 komentar:

INFO

loading...