info terkini

loading...

DAUN SIRIH




Berkhasiat sebagai anti-septik, membunuh bakteri. Logikanya tidak logis bila digunakan sebagai media untuk membiakkan probiotika dari bakteri. Bukan berbiak, tapi malah mati. "Mikir", kata Cak Lontong.Sifatnya yang anti-septik bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan akibat bakteri atau kuman. Disamping itu dampak positif dari pemanfaatan daun sirih yaitu mampu menahan pendarahan, mempercepat proses penyembuhan luka di salah satu bagian tubuh, dan mengatasi masalah pada sistem pencernaan.Obat dari daun sirih bisa untuk mengatasi mimisan (hidung berdarah), caranya dengan melintingkan 2 lembar daun sirih segar yang telah dibersihkan ke dalam kedua lubang hidung sampai darah yang keluar tidak ada lagi.Kandungan bahan aktif berupa fenol dan kavikol pada tiap lembaran daun sirih hutan sering dimanfaatkan masyarakat sebagai pestisida alami untuk mengendalikan hama penghisap tanaman.Manfaat Daun SirihKegunaan daun sirih dalam kehidupan masih banyak, dirinya ikut berkontribusi dalam hal menjaga kesehatan tubuh manusia. Berikut ini manfaat daun sirih sebagai obat berbagai penyakit yang diharapkan berguna untuk Anda.


1. Batuk Berdahak dan Tidak BerdahakAmbil segenggam daun sirih yang masih segar, cuci bersih semua lembaran daun.Rebus dalam dua gelas air, tambahkan pula potongan jahe agar memberikan rasa sedikit pedas.Tunggu hingga air tersisa satu gelas, barulah minum satu hari sekali.


2. SariawanSediakan tiga lembar daun sirih, cuci bersih dan rebus hingga layu.Lumatkan hasil rebusan daun, setelah itu tempelkan pada bibir atau lidah yang terdapat sariawan.Jika sariawan terasa membaik, lakukan terus hingga sembuh.


3. BronkitisPetik 6 hingga 7 lembar daun sirih yang masih segar, potong halus.Rebus daun sirih ke dalam panci bersama dua gelas air, tambahkan sedikit gula, setelah itu tuang pada gelas setelah air tersisa setengahnya.Saring air rebusan dan minum sehari 3 kali masing-masing tiga sendok makan.


4. JerawatSiapkan daun sirih secukupnya, kemudian bersihkan.Tumbuk hingga halus, kemudian seduh ke dalam satu gelas air panas.Aduk, tunggu air menjadi hangat. Gunakan untuk membasuh muka.Lakukan terus sehari dua kali sampai jerawat hilang, jika belum cobalah alternatif lain yang lebih efektif.


5. KeputihanCuci bersih 10 helai daun sirih segar, kemudian rebus ke dalam dua setengah liter air matang.Tunggu mendidih dan biarkan suhu menjadi hangat (tidak terlalu panas).Terakhir, gunakan air untuk membersihkan daerah kewanitaan (organ intim wanita) secara berkala.


6. Sakit GigiAmbil beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus ke dalam dua gelas air.Rebus smpai mendidih dan menyisakan satu gelas air.Gunakan air rebusan untuk berkumur hingga rasa sakit pada gigi hilang.


7. Demam BerdarahRebus 5 lembar daun sirih dalam 2 gelas air matang hingga tersisa 1 gelas.Minum air rebusan sehari dua kali masing-masing 1 gelas.Jika Anda ingin melindungi kulit dari gigitan nyamuk aedes aegypti bisa dengan meramu daun sirih untuk dioleskan airnya pada seluruh permukaan kulit tubuh.






0 komentar:

INFO

loading...