info terkini

loading...

GESTURE







Saat melihat gesture (gerak tubuh) sapi ini, secara refleks langsung saya rekam pakai video. Menurut pendapat saya, ini gesture yang janggal atau bermasalah.
Pertanyaannya :
1. Apa yang sedang dilakukan?
2. Mengapa atau sebabnya apa dia melakukannya?
3. Bagaimana cara menghentikan dan atau mencegahnya agar selanjutnya tidak ber-gestur janggal tsb?
Ayo kita diskusikan tuntas.
PENJELASANNYA
1. Itu gesture (gerak tubuh) sapi menjilat-jilat dinding palung pakan karena sapi merasakan masih kekurangan zat gizi yang dibutuhkan untuk metabolisme;
2. Penyebabnya secara umum disebut DEFISIENSI MINERAL, terutama mineral Na, Cl, Mg dan Ca. Walau pun itu di bawahnya ada pakan yang belum habis dimakan. Bukan kelaparan.
3. Tentu saja saya berusaha mendiagnosanya. Tahap awal diagnosa adalah anamnesa :
3.1. Laporannya diberi premix multi vitamin + mikro mineral via konsentrat;
3.2. Setelah saya lacak, benar diberi premix. Tapi cara pemberiamnya hanya ditaburkan di atas gundukan konsentrat. Tidak dicampur di-mixer;
3.3. Bisa dipastikan tidak homogen, maka premix intake tidak rata. Ada sapi yang makan banyak premix tetapi ada yang tidak kebagian premix akibat tidak homogen. Itu terbukti bahwa tidak semua sapi berperilaku menjilat dinding palung. Itu resikonya lama-lama sapi bisa ambruk. Lebih-lebih bila terjadi pada sapi perah sesang laktasi, pasti ambruk.
4. Tindakan yang saya perintahkan dan saya awasi sendiri aplikasinya, pemberian premix via konsentrat sementara selama 7 hari di-double dosis dan harus di-mixing dulu sampai rata, baru diberikan ke sapi;
5. Setelah 4 hari pemberian, gejala perilaku sapi menjilat dinding palung pakan, tidak terulang. Seterusnya wajib dilakukan sesuai Standar Operation Procedure (SOP);
KESIMPULAN
Selain unsur gizinya dilengkapi dan dalam jumlah yang cukup, homogenitas campuran pakan sangat menentukan keberhasilan pemberian pakan. Homogenitas dulu, baru isi.

0 komentar:

INFO

loading...