info terkini

loading...

Manfaat Tanaman Tembakau



Tembakau merupakan salah satu hasil pertanian  yang cukup menjanjikan bagi para petani karena harga jual yang tinggi sehingga membuat  masyarakat memilih profesi sebagai petani tembakau. Beberapa permasalahan mengenai tembakau yang dialami oleh petani saat ini yang menjadikan harga jual tembakau mengalami penurunan.  Tembakau merupakan hasil pertanian yang bersifat musiman. Musim tembakau di beberapa Kabupaten  khususnya Temanggung biasanya dimulai pada bulan Agustus sampai bulan Oktober. 
Bagian dari tanaman tembakau yang dipanen adalah bagian daun. Dunia pertanian khusus nya pertembakauan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan cepat sehingga banyak mempengaruhi sektor perekonomian yang lainnya. Menurut situs resmi Kabupaten Temanggung, rata-rata luas lahan tembakau setiap tahunnya (per tahun 2014) 15.730 Hektar, menghasilkan tembakau  ranjangan kering sebanyak 6.923 ton. Pada tahun 2015 luas tanaman tembakau di Kabupaten Temanggung naik mencapai 18.867 Hektar.

Tembakau sampai saat ini  merupakan tiang  kehidupan  bagi  petani tembakau. Pada saat panen tiba , para petani tembakau menjual hasi panennya kepada tengkulak yang datang kerumah petani untuk membeli dengan harga yang berbeda antara petani satu dengan petani lainnya. Hasil penjualan  tembakau  biasanya digunakan oleh  petani untuk  barang apapun dan setelah paceklik dijual lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup nya . 
Ada juga  yang dugunakan untuk membeli pupuk Pemberantasan kemiskinan yang di alami masyarakat indonesia saat  ini dapat di dongkrak  dengan  dunia pertanian  tembakau , karena tembakau dapat  memberikan  manfaat  terhadap kesejahteran dalam kehidupan petani dan sebagai  salah satu penghasilan terbesar  bangsa indonesia melaluli bea cukai , sehingga harapannya  dunia pertembakauan lebih di tingkatkat ,  pada saat ini tembakau merupakan prioritas penting dalam pembangunan bahkan telah menjadi agenda global. Namun agenda tersebut kurang memberikkan hasil yang memuaskan, karena ada sebagian wilayah yang mengalami kegagalan dalam memproduksi  tembakau.
Saat ini  tembakau dan rokok masih mempunyai  anggapan   yang  kurang baik untuk  kesehatan, tanpa mereka melihat dan memahami secara luas hubungannya dengan perekonomian negara, sosial, dan budaya masyarakat. Sikap yang seperti ini  pada akhirnya memberikan dampak  kedaulatan nasional dalam keadaan  terancam, membuat apa pun manfaat dari tembakau dan rokok dinilai tak berguna dan negatif. Padahal dari cukai rokok, negara mendapatkan sumbangan dana yang besar setiap tahunnya, Pada tahun 2015 meski di tengah tekanan perekonomian, cukai rokok melampaui target dan menjadi penyumbang terbesar bagi APBN 2015. 
Cukai mencapai Rp139,5 triliun atau 100,3 % dari target.nah nilai ini merupakan sumbangan terbesar yang diberikan petani rokok. Banyak rakyat bergantung pada tembakau, dari mulai petani, buruh musiman, buruh pabrik rokok, pelaku industri, sampai pengasong dan usaha rakyat kecil yang menjual produk hasil tembakau. Jadi tembakau ini memberikan banyak nilai tambah  di bandingkan dengan keburukannya.
Apabila  mereka yang anti rokok dapat berlaku adil, sebaiknya  mereka harus berpikir lebih luas bahwa pembiayaan program pembangunan sebagian besar berasal dari cukai rokok. Tembakau  yang mereka benci itu ternyata  memberikan  berkontribusi yang sangt besar  bagi negara indonesia sehingga bangsa ini akan tetap dapat berkembang. Tindakan  anti-rokok serta berbagai tudingan menyesatkan yang selalu dilayangkannya oleh pihak anti rokok, akan memberikan dampaknya bukan hanyadari segi  industri tembakau dalam negeri saja yang akan mendapatkan kerugian tetapi  kedaulatan serta  kelestarian budaya bangsa indonesian pun akan  ikut terancam.




0 komentar:

INFO

loading...