info terkini

loading...

Ayam divaksin Saat sakir ?

Pertanyaan:
DOC di wilayah saya sering sekali terlambat pengirimannya, kadang sampai 1-2 hari perjalanan. Pada hari ke-3 atau ke-4 yaitu saat ayam datang, ayam langsung divaksin meskipun kondisi tubuhnya sedang tidak fit karena lamanya perjalanan. Apakah hal tersebut akan menimbulkan masalah? Kapan waktu yang tepat untuk vaksinasi pertama?

Jawab:
Vaksinasi pada ayam berkondisi tidak fit akan menimbulkan masalah. Perlu menjadi pemahaman kita bersama bahwa keberhasilan vaksinasi bukan hanya ditentukan dari kualitas produk yang kita gunakan, melainkan ada beberapa faktor yang turut ambil bagian dalam hal itu, di antaranya adalah:
  • Tata laksana vaksinasi, meliputi cara penanganan dan penyimpanan vaksin, persiapan vaksin dan peralatan sebelum vaksinasi, maupun ketepatan teknik vaksinasinya
  • Program vaksinasi yang diterapkan, termasuk jadwal pelaksanaan vaksinasi
  • Status atau kondisi kesehatan ayam
  • Penerapan program pendukung, seperti tata laksana pemeliharaan yang baik dan biosecurity yang ketat
Anak ayam yang baru menetas masih memiliki kondisi tubuh yang lemah. Empat belas hari pertama masa pemeliharaan merupakan masa kritis dimana terjadi perkembangan pada sistem kekebalan, pernapasan, pencernaan, dan pengaturan suhu tubuh. Pada masa-masa inilah kita wajib melindungi ayam dari berbagai faktor stres. Stres pada anak ayam dapat menyebabkan imunosupresi sehingga agen-agen penyakit dapat dengan mudah menyerang tubuh ayam. Selain itu, stres juga akan menurunkan efektivitas vaksinasi, penurunan daya tahan tubuh ayam, feed intake, dan pertambahan bobot badan.
Faktor yang dapat menyebabkan stres pada anak ayam antara lain transportasi dari penetasan (hatchery) ke kandang, pengaturan suhu pemanas (brooder) yang tidak merata, dan perubahan cuaca secara tiba-tiba. Seperti kondisi yang telah Bapak sebutkan, bahwa sering terjadi keterlambatan kedatangan DOC (terlambat chick-in), tentunya hal ini akan menjadi masalah serius. Apalagi keterlambatan kedatangan DOC hingga 2 hari, hal ini berarti DOC berada dalam kondisi tidak nyaman lebih lama, sehingga stres karena transportasi yang ditimbulkan tentu akan lebih parah.
Skema 1. Mekanisme Hambatan Pembentukan Kekebalan Tubuh Ayam Akibat Stres



Saat stres tubuh ayam akan merespon dengan disekresikannya adrenocorticotropic hormone (ACTH) oleh hipofisis anterior dalam jumlah yang berlebihan. Peningkatan kadar ACTH ini akan memicu korteks adrenalis untuk meningkatkan hormon kortisol sehingga mengakibatkan penurunan fungsi organ kekebalan primer (bursa Fabricius dan thymus). Kondisi ini dapat diartikan, saat stres terjadi maka sistem imun (kekebalan) mengalami gangguan dan berakibat pada pembentukan kekebalan hasil vaksinasi yang tidak optimal, sehingga ayam tetap dapat terserang penyakit.
Anak ayam memiliki kekebalan yang berasal dari induk yang disebut dengan antibodi maternal. Antibodi maternal ini berperan dalam memberikan perlindungan pada anak ayam dari penyakit, namun antibodi maternal akan mulai turun pada umur 7 hari. Oleh karena itu vaksinasi pertama paling lambat dilakukan pada umur 7 hari. Sebenarnya vaksinasi bisa dimulai pada anak ayam umur 1 hari (DOC) atau segera setelahchick-in. Namun vaksinasi pada umur 1 hari atau setelah chick-in harus mempertimbangkan kondisi ayam. Sebagaimana kita ketahui bahwa DOC yang baru datang memiliki tingkat stres yang tinggi akibat pengangkutan selama perjalanan.
Oleh karena itu kami menganjurkan vaksinasi pertama dilakukan pada umur 4-5 hari (1-2 hari setelah Bapak melakukan chick-in) agar ayam bisa beradaptasi terlebih dahulu terhadap lingkungan kandang, ransum, dll sehingga kondisi tubuh menjadi prima saat divaksinasi. Pada 2 hari sebelum dan sesudah vaksinasi berikan multivitamin seperti Vita Stress atau Fortevit untuk meningkatkan stamina dan mengurangi stres.


Info Medion Edisi Januari 2015
Artikel bersumber dari Info Medion Online (http://info.medion.co.id).

0 komentar:

INFO

loading...