info terkini

loading...

Organ Reproduksi sapi Jantan


2.2. Organ Reproduksi Jantan Organ kelamin primer yaitu gonad jantan yang dinamakan testis. Organ
kelamin sekunder terdiri dari epididimis dan vas deferens. Kelenjar pelengkap terdiri dari vesikula seminalis, kelenjar prostat, dan kelenjar cowper. Sedangkan organ kelamin luar terdiri dari penis, preputeum , dan scrotum (Nugroho,2008).

2.2.1. Organ Kelamin Primer
Testis adalah organ reproduksi primer pada ternak jantan, sebagaimana halnya ovarium pada ternak betina. Testis dikatakan sebagai organ primer karena berfungsi menghasilkan gamet jantan (spermatozoa) (Saputro, 2008).

2.2.2. Organ Kelamin Sekunder
Epididimis merupakan saluran reproduksi jantan yang terdiri dari tiga bagian yakni, caput epididymis, corpus epididymis, dan cauda epididymis. Caput epididymis merupakan muara dari sejumlah duktus deferents dan terletak pada bagian ujung atas dari testes. Corpus epididymis merupakan saluran kelanjutan dari yang berada diluar. Sedangkan cauda epididymis merupakan kelanjutan dari corpus yang terletak pada bagian bawah ujung testes (Nugroho, 2008). Vas deferents adalah pipa berotot yang pada saat ejakulasi mendorong dari epididymis ke ductus ejakulatoris dalam uretra prostatic. Vas deferens merupakan saluran berdiameter 2 mm yang menghubungkan kauda epididymis dengan uretra (Ismudiono, dkk., 2010). Kelenjar prostat adalah kelenjar yang letaknya berada di bawah kelenjar vesikuler, tepatnya mengelilingi pelvis uretra. Kelenjar ini bentuknya berbeda-beda. Pada sapi berbentuk bulat dan lebih kecil dari kelenjar vesikuler. Kelenjar prostat mengahsilkan secret yang bersifat alkalin yang memberikan bau yang khas pada semen. Kelenjar bulbouretral atau yang disebut Gland Cowpers merupakan sepasang dan letaknya lebih ke belakang (caudal) dari kedua kelenjar tesebut, yaitu di tempat tikungan dimana uretra membelok kebawah sewaktu uretra akan keluar dari ruang pelvis. Secret dari kelenjar ini sangat berguna pada saat sebelum kopulasi dimana sekresinya bersifat apocrine yang fungsinya untuk membersihkan saluran uretra dari sisa-sia urin dan kotoran (Feradis, 2010).

Praeputium merupakan lipatan kulit yang ada disekitar ujung penis. Kantong testis disebut skrotum. Skrotum merupakan suatu kulit yang bentuknya seperti kantong yang ukuran, bentuk dan lokasinya menyesuaikan dengan testis yang dikandungnya. Kulit skrotum tipis dan sediki atau tidak berambut. Fungsi utama skrotum menurut Feradis (2010) adalah menyokong dan melindungi testis dan juga mengatur terperatur testis dan epididimis. Uretra merupakan sebuah saluran tunggal yang membentang dari persambungan dengan ampula sampai pangkal penis. Fungsi uretra adalah sebagai saluran kencing dan semen (Nuryadi, 2000)

0 komentar:

INFO

loading...