info terkini

loading...

Pemberian Antibiotik sebelum Vaksinasi Gumboro

Pertanyaan Bapak Ahmad Yani
Pada saat cuaca tidak menentu (ekstrim), apakah boleh dilakukan pemberian antibiotik seperti Doxytin sehari sebelum vaksinasi Gumboro agar hasil vaksinasi lebih optimal dan apakah ada efek terhadap potensi vaksin?

Jawab:
Pemberian antibiotik seperti Doxytin boleh saja dilakukan sebelum pelaksanaan vaksinasi Gumboro untuk tujuan cleaning program(pemberantasan bibit penyakit pada masa inkubasi dimana bibit penyakit sudah ada tetapi belum menunjukkan gejala klinis) maupun tujuan medikasi (pemberantasan bibit penyakit setelah muncul gejala klinis). Zat aktif yang terkandung dalam produk Doxytin tidak akan mempengaruhi potensi vaksin. Namun, dalam hal ini perlu dipertimbangkan juga keefektifan dari antibiotik tersebut, terutama dalam hal pemberiannya minimal dilakukan selama 3 hari. Oleh karena itu, antibiotik Doxytin dapat diberikan dari 3 hari sebelum jadwal vaksinasi dilakukan. Tujuannya, supaya saat ayam menerima vaksinasi Gumboro kondisi tubuhnya sehat, sehingga hasil vaksinasi lebih optimal. Hal ini mengingat bahwa salah satu faktor yang menentukan keberhasilan vaksinasi adalah kondisi tubuh ayam yang sehat.
Selain itu, hal lain yang juga perlu diperhatikan agar vaksinasi Gumboro memberikan hasil yang optimal adalah jangan melakukan pindah kandang atau menurunkan sekam (untuk farm dengan kandang postal panggung) bertepatan dengan pelaksanaan vaksinasi Gumboro (pada umur 14 hari) karena hal ini akan membuat ayam stres. Jadwal desinfeksi kandang harus dihentikan dahulu selama pelaksanaan vaksinasi. Untuk meminimalisir tingkat stres post vaksinasi, berikan multivitamin seperti Vita Stress atau Fortevit setelah vaksinasi selesai.
Guna meningkatkan keberhasilan vaksinasi Gumboro, di samping melaksanakan vaksinasi sesuai tata laksana vaksinasi yang benar, upaya meminimalisir efek dari perubahan cuaca yang ekstrim juga perlu dilakukan. Jika hal ini dilakukan dengan telaten dan disiplin, maka secara signifikan sangat berpengaruh terhadap kondisi ayam. Sebagai antisipasi saat terjadi perubahan cuaca yang ekstrim terutama pada ayam dewasa dapat dilakukan beberapa cara berikut:
  • Pengaturan buka tutup tirai. Hal ini akan sangat mempengaruhi suhu, kelembaban dan sirkulasi udara di dalam kandang. Saat kasus perubahan cuaca terjadi pada ayam dewasa, maka pengaturan buka tutup tirai dapat dilakukan sesuai dengan cuaca harian. Sebagai contoh, saat sedang hujan atau suhu udara dingin maka tirai kandang dapat ditutup sebagian terutama pada sisi dengan aliran angin yang terlalu kencang. Hal ini untuk mencegah ayam terlalu kedinginan dengan tetap mempertimbangkan pertukaran udara kotor dan bersih tetap lancar. Untuk memudahkan buka tutup tirai, Bapak dapat membuat sistem kerekan/roll yang bisa berputar seperti contoh pada gambar berikut.



  • Perbaiki atap yang bocor agar air hujan tidak masuk ke dalam kandang, sehingga akan menjaga litter tetap kering dan kadar amonia tidak terlalu tinggi.

  • Jangan membolak-balik litter karena hal ini dapat menyebabkan amonia menguap. Jika dirasa litter telah lembab atau basah sebaiknya dilakukan penaburan atau penambahan litter baru. Sebelum litter digunakan desinfeksi terlebih dahulu menggunakan AntisepNeo Antisepatau Sporades.

  • Berikan terapi supportif menggunakan multivitamin seperti Vita Stress atau Vita Strong agar kondisi ayam selalu prima di saat terjadi perubahan cuaca.


Info Medion Edisi November 2012
Artikel bersumber dari Info Medion Online (http://info.medion.co.id).

0 komentar:

INFO

loading...