info terkini

loading...

AWAL MASUK KANDANG "Perlakuan Saat Bakalan Sapi Potong Tiba Di Kandang"




Sapi dari pasar hewan atau dari tempat lain, biasanya mengalami kondisi stres karena jauhnya perjalanan dari kandang asalnya. Selain karena perjalanan yang jauh, perlakuan terhadap bakalan sapi yang tidak seperti biasanya dan menggalami pergantian suasana lingkungan baru, orang yang menangani pengangkutan, orang baru yang memelihara serta kepasitas dalam truk pengangkutan yang sesak ditambah lagi dengan terik matahari yang cukup menyengat, berakibat stress. Belum lagi perlakuan yang dialami oleh para pedagang yang tidak memperhatikan kondisi sapi tersebut, seperti bakalan sapi tersebut yang dicambuk, tali tongar yang terlalu kencang, memasukkan air ke dalam mulut yang secara paksa (Jawa : clonthang), hal ini tentu membuat sapi mengalami kesakitan.

Sebelum bakalan tiba, lakukan persiapaan kandang dengan membersihkan kandang yang sudah digunakan sebelumnya. Lebih baik lagi jika kandang dibersihkan secara menyeluruh menggunakan desinfektan, insektisida dan germisida. Perlengkapan kandang juga sebaiknya dalam kondisi bersih dan steril sebelum digunakan untuk bakalan sapi yang baru datang.
Pakan berupa serat (hijauan atau jerami) sebaiknya sudah disiapkan dan pastikan ketersediannya mencukupi. Berikan mana yang dimaui atau disukai oleh sapi. Sementara itu, air minum sebaiknya juga selalu tersedia sejak awal kedatangan bakalan.
Saat baru datang ke kandang, bakalan sapi harus diberikan perlakuan khusus untuk mengembalikan kondisi tubuhnya. Pasalnya, kemungkinan sapi kelelahan dan stres akibat perjalanan panjang yang terjadi dari kandang asal dan atau dari pasar hewan.
Berikut rekomendasi perlakuan saat bakalan sapi tiba di kandang : 

1. Jika memungkinkan, masukkan bakalan sapi yang baru datang ke dalam kandang karantina selama beberapa hari (14 hari) sebelum dimasukkan ke dalam kandang inti atau kandang produksi. Tujuannya untuk menghindari penularan penyakit pada bakalan sapi yang baru datang ke sapi yang lain yang sudah ada;

> Berikan hijaun segar pada ternak, biarkan instirahat, lalu beri hijaun kembali;
> Berikan juga air minum yang telah dicampurkan gula 2% (9,8 liter air + 0,2 kg gula). Terbaik pakai gula kelapa. Tujuannya untuk memulihkan stamina ternak;
> Jangan lupa untuk mendata bakalan sapi yang baru datang, lalu lakukan penimbangan awal untuk memudahkan evaluasi (mengetahui pertambahan bobot) selama proses penggemukan;
> Selanjutnya lakukan penimbangan setiap 2 minggu. Bisa dengan diukur lingkar dada, tinggi badan dan panjang badan. Selanjutnya ditimbang setiap 4 minggu.

2. Pada hari kedua sejak kedatangan, berikan vitamin pencegah stress (terutama vitamin B-1, A, D dan E) dan obat analgesik - antipiretik. Indikasinya jika bakalan sapi terlihat lemas.
Setelah bakalan sapi sudah cukup tenang, suhu badan sudah seperti biasa, pertenak dapat memandikan supaya kelihatan sehat, bersih dan tentunya segar.


3. Pada hari ketiga, berikan obat cacing pada ternak yang baru datang, terutama obat anti cacing hati. Pemberiannya disuntikkan atau dicekok ke mulut sapi, sesuai jenis obatnya dan petunjuk penggunaan di kemasannya.

4. Pada hari keempat bisa mulai diberi pakan konsentrat, sedikit demi sedikit selama 3 – 4 hari agar komposisi mikroba di dalam rumen tidak berubah drastis agar tidak mencret. Dosis konsentrat diberikan sampai 1,5% dari bobot badan, sisanya unsur serat.

5. Pemberian obat anti cacing mesti diulang 14 hari kemudian dari pemberian pertama. Hal ini agar benar-benar tuntas dari cacing. Selanjutnya pemberian obat anti cacing diulang setiap 2 bulan


0 komentar:

INFO

loading...