info terkini

loading...

TANGGUNG JAWAB ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK




         Pendidikan yang paling utama adalah pada keluarga, pendidikan di lingkungan keluarga sangat baik untuk memberikan pendidikan ke arah kecerdasan, budi pekerti atau kepribadian serta persiapan hidup di masyarakat. Orang tua akan menjadi contoh  terbaik bagi anak, anak biasanya akan menirukan apa saja yang dilakukan oleh orang tua. Jadi orang tua harus bisa memberikan keteladanan dan kebiasaan sehari-hari yang baik sehingga dapat dijadikan contoh bagi anaknya. Sarana dan prasarana yang  di berikan oleh orang tua  untuk alat penunjang bagi pendidikan haruslah selalu dalam pengawasan.
Keteladanan dan kebiasaan yang baik itu, sebaiknya diberikan oleh orang tua sejak dari kecil atau kanak-kanak karena hal itu dapat berpengaruh terhadap perkembangan jiwa anak. Orang tua sebaiknya memperhatikan pendidikan anak-anaknya karena peran orang tua sangat penting dalam proses pendidikan bagi mereka. Orang tua yang mampu menyediakan kebutuhan anak-anaknya dengan  memuaskan tanpa pengawasan akan berdampak negatif bagi anak, jika kebutuhan pendidikan tidak pernah terpenuhi maka anak yang dipersiapkan  tidak menjadi manusia yang dewasa seperti tujuan yang hendak dicapai oleh pendidikan. Anak akan berkembang tanpa adanya pola yang hendak dituju, Anak dibiarkan saja tumbuh tanpa didikan norma yang pasti oleh orang tua akan berdampak buruk bagi anak  oleh karena itu dalam perkembangan anak harus selalu di perhatikan sehingga anak tumbuh dengan dedikasi yang baik.
Perbuatan orang tua yang  tidak tahu bagaimana cara mendidik anaknya  dengan baik bagaimana untuk menjadi orang tua sesuai yang dituntut syarat-syarat tertentu agar anak-anaknya dapat berkembang dengan baik sehingga pendidikan anak tidak terlalu diperhatiakan akan merusak generasi yang akan datang . Jika suatu keluarga dikaruniai seorang anak, maka pada pundak orangtua itulah dibebankan usaha bagaimana agar anak-anaknya berkembang dengan baik. Jadi anak tidak diterima begitu saja, diberi makan dan pakaian tetapi diusahakan agar anak mampu berkembang dengan baik. Orang tua harus mampu membagi-bagi perhatiannya kepada semua objek di dalam rumah tangganya sebab di dalam keluargalah terjadi interaksi orangtua terhadap anak. Kasih sayang yang diberikan orang tua pada awal kehidupan seorang anak sangat membantu perkembangan anak bahkan menjadi dasar peletakkan kepribadiannya.
Pentingnya peran orang tua terhadap pengontrolan pendidikan anak bukanlah hal yang sepele karena pendidikan adalah modal utama yang harus dimiliki oleh setiap individu yang hidup agar dapat bertahan menghadapi perkembangan zaman yang semkin maju dan berkembang . Seperti saat ini orang tua semakin menyadari pentingnya memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak mereka sejak dini tetapi harus di kontrol karena dampak negatif dari perkembangan teknologi yang semakin berkembang terutama pengontrolan terhadap mediya sosial yang dapat merusak anak. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak terbukti memberikan banyak dampak positif bagi anak. Banyak yang mencapai kesuksesan setelah mereka menginjak usia dewasa dan terjun ke dalam dunia sosial yang sebenarnya.
 Peran aktif orang tua tentu saja perlu didukung oleh komunikasi yang baik antara orang tua dan pihak sekolah. Seperti orang tua yang terlibat di Sekolah Dasar (SD) akan menuai efek positif yang akan berlangsung seumur hidup anak. Jadi tidak hanya peran guru dan lingkungan yang penting tetapi peran orang tua juga memegang peranan yang sangat penting dalam prestasi belajar anak. Untuk itu orang tua harus lebih memperhatikan anak-anak mereka, melihat potensi dan bakat yang ada pada anak mereka, memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran mereka di sekolah serta selalu memotivasi anak agar tetap semangat dalam belajar. Para orang tua juga diharapkan dapat melakukan semua itu dengan niat yang tulus untuk menciptakan generasi yang mempunyai moral yang baik dan wawasan yang tinggi serta semangat pantang menyerah.
 Berikut ini adalah peran orang tua dalam mendidik anak :
1. Dapat memberikan penjelasan mengenai hal yang baik dan juga buruk bagi anak
Hal terpenting yang harus dilakukan oleh orangtua adalah memberikan pemahaman mengenai hal yang boleh dan juga hal yang tidak boleh dilakukan oleh anak-anak. Ada baiknya, orang tua memberikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dimengerti, sehingga anak-anak tidak bingung, dan paham akan penjelasan tersebut


2. Pendidikan orang tua yang keras juga akan menyebabkan anaknya menjadi keras
Pola pendidikan dan juga pola asuh yang keras, akan menyebabkan anak-anak menjadi disiplin, namun malah juga akan meningkatkan kemungkinan seorang anak untuk tidak nyaman. Menggunakan pola pendidikan yang keras dan juga tegas boleh saja, tapi ada baiknya disandingkan degnan pola asuh yang lebih permisif, sehingga anak-anak tidak akan merasa takut dengan orangtuanya sendiri, namun tetap menghargai orangtuanya.


3. Apa yang dilakukan orang tua akan ditiru oleh anaknya
Apabila anda dapat memahami prinsip ini, maka anda nanti tidak akan kesulitan dalam mendidik anak. Ya, seorang anak akan mengikuti apa yang menjadi kebiasaan orang tuanya. Jadi, dalam mendidik anak, apabila ingin anak anda menjadi anak yang baik dan juga memiliki banyak trait positif,berilah contoh-contoh yang positif kepada anak anda. Hilangkan bahasa kasar dan juga kotor, namun perbanyaklah penggunaan tata bahasa yang sopan santun, begitu pula dengan perilaku. Hindari melakukan kebiasaan buruk anda di depan anak-anak, seperti memukul, dan kebiasaan lainnya, yang tidak pantas

4. Orang tua harus bisa menjaga anaknya dari lingkungan sosial yang buruk
Selain mengajarkan mengenai tata karma, sopan santun dan juga perilaku positif, orangtua juga wajib untuk mendidik anaknya agar dapat menjauhi lingkungan sosial yang buruk dan berbahaya, seperti lingkungan anak jalanan, dan juga lingkungan yang bebas dan tidak taat akan aturan. Apabila anak dididik untuk dapat mematuhi aturan yang ada, dan tidak terpengaruh lingkungan sosial yang buruk, maka nanti kelak anak anda akan menjadi anak yang baik dan dapat berlaku secara santun Pada dasarnya, pendidikan yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya sendiri merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam proses perkembangan dari sang anak. Dengan memberikan pola asuh dan juga pola pendidikan yang baik, maka anak tersebut akan ikut mencontoh perbuatan baik, dan begitu pula sebaliknya. Banyak perilaku anak menyimpang, yang biasanya disebabkan oleh ketidak mampuan orang tua dalam mendidik anaknya. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat.

5 Membiasakan Anak Mengenal Lingkungan Luar
Tips modern parenting pertama yang harus diterapkan orang tua adalah dengan membiasakan mereka mengenal lingkungan sekitarnya. Salah satu caranya adalah dengan sering-sering mengajaknya keluar rumah. Tidak perlu yang mahal atau jauh dari rumah, di kompleks sekitar rumah juga tak masalah. Selain berdampak positif untuk tumbuh kembangnya (karena paparan sinar matahari pagi dan udara segar), hal ini juga akan memperbaiki kemampuan sosialisasi anak sehingga ia akan mudah menyesuaikan diri saat beranjak dewasa.
6        Berilah Pujian
Siapa pun pasti sangat senang jika diberikan apresiasi/ pujian, apalagi anak-anak. Pujian adalah sikap apresiasi kita terhadap tindakan atau sikap mereka yang baik. Dibanding terlalu banyak mengkritik kesalahan mereka, biasakan memberi pujian untuk anak. Hal ini dapat menyebabkan mereka untuk mengulang sikap/ tindakan baik yang telah mereka lakukan sebelumnya. Tidak perlu menunggu prestasi yang wow, sebab Anda bisa memanfaatkan momen apa pun untuk memuji mereka, misalnya ketika mereka berhasil mengikat tali sepatunya sendiri. Catatan, sebisa mungkin hindari memberikan pujian yang menyangkut fisik seperti, “Adik cantik/ganteng sekali”. Sebagai alternatif, Anda bisa memakai kalimat semacam, “Terima kasih. Adik memang pintar.#sahabatkeluarga.



5 comments:

  1. Ini harus dilaksanakan, biyar generasi kita semakin baik

    ReplyDelete
  2. Mari kita ubah generasi menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  3. MASA KINI GENERASI MUDA HARUS LEBIH BANYAK DI KONTROL DAN DI BERIKAN PROGRAM YG MEMBANGUN DAN MENGARAHKAN KE HAL YG LEBIH POSSIIF SEPERTI ITU

    ReplyDelete

INFO

loading...